Lanjut ke konten

sejarah singkat rsud tobelo

Maret 31, 2012

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tobelo adalah Lembaga Teknis Daerah yang berkedudukan di Pusat Kota Tobelo Kabupaten Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara yang dibangun di atas lahan seluas ± 5.6 Ha dan luas bangunannya + 4.600 m2, berdiri sejak tahun 1992 merupakan hasil pengembangan dari Puskesmas Tobelo ( kala itu, menjadi Puskesmas Perawatan dibawah pimpinan dr. Ali Rizal Albar). Kemudian ditahun 1996 terjadi Pengalihan Kepemimpinan dari dr. Ali Rizal kepada dr. Rosmina Umar Hi. Tjan.
Pada tahun 1998 Puskesmas Perawatan berubah statusnya menjadi Rumah Sakit Tipe D melalui SK Bupati Maluku Utara yang pimpinannnya adalah dr. Rosmina Umar.Hi. Tjan sampai tahun 2000 terjadi pengalihan kepemimpinan dari dr. Rosmina Umar Hi. Tjan kepada dr. Hengki G. Khosuma pasca terjadinya konflik Horizontal di Maluku Utara dan sekitarnya.
Pada tahun 2003 terjadilah Pemekaran Wilayah Maluku Utara dimana Kecamatan Tobelo sebagai Pusat dari Ibukota Kabupaten Halmahera Utara seperti dalam amanat UU No 1 tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Halmahera Utara, Kabupaten Halmahera Selatan, Kabupaten Kepulauan Sula,Kabupaten Halmahera Timur dan Kota Tidore Kepulauan.
Dalam upaya mengisi Perangkat Daerah sebagai Badan Eksekutif Daerah maka Bupati Halmahera Utara mengangkat dan melantik pejabat-pejabat yang duduk dalam Badan dan Dinas-Dinas yang akan bertanggung jawab kepada Kepala Daerah diantaranya adalah dr. Hengky G. Khosuma sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Utara dan dr. Maria Lenny Tansi sebagai Kepala Rumah Sakit Umum Daerah Tobelo.
Pada tahun 2008 berdasarkan SK Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : 490/MENKES/SK/V/2008, tanggal 28 Mei 2008 Tentang Penetapan Kelas Rumah Sakit Umum Daerah Tobelo Milik Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara Provisi Maluku Utara, bahwa Rumah Sakit Umum Tobelo Kabupaten Halmahera Utara adalah RSUD Tobelo tipe C.
Di tahun 2005 terjadi lagi pergantian Kepala RSUD Tobelo sesuai SK Bupati No. 821.23/44/KP/ /PD/2005 tanggal 9 Bulan September 2005 dimana drg. Irwanto Tandaan sebagai Kepala Tata Usaha Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Utara menggantikan dr. Maria Lenny Tansi sebagai Kepala RSUD Tobelo dengan demikian sejak pertengahan September 2005 drg. Irwanto Tandaan mulai menjabat sebagai Direktur RSUD Tobelo Kabupaten Halmahera Utara Propinsi Maluku Utara.
Pada tanggal 22 Mei 2006 melalui Surat Keputusan Bupati Halmahera Utara No. 821.2/08/BKD/KEP/PD/2006 terjadi lagi pelantikan para pejabat eselon III dan IV di jajaran Pemda Halmahera Utara diantaranya Kepala RSUD Tobelo yang masih dijabat oleh drg. Irwanto Tandaan.
Pada tanggal 19 januari 2009 melalui SK Bupati Nomor : 877/210/BKD/2009 terjadi lagi pelantikan pejabat eselon II, III dan IV diantaranya Direktur RSUD Tobelo yang dijabat oleh dr.Nixon B. Kroons, Sp.B.
Tahun 2012 terjadi pergantian kepemimpinan dari dr. Nixon B. Kroons, Sp.B kepada drg. A. M. Chaeruddin K, M.Kes. Dengan pelantikan direktur Baru RSUD Tobelo tidak berarti merubah program kerja yang sudah ada tapi sebaliknya dengan semangat baru dan tetap konsisten pada komitmen, bahwa RSUD Tobelo harus bisa memberikan pelayanan Kesehatan yang bermutu, merata, adil, serta terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat di Gugus Pulau Halmahera.

Iklan

From → Uncategorized

One Comment
  1. mudah-mudahan sejarah singkat ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: